Distribusi Air Bersih 24 Jam di Sabang Nyaris 90 Persen

KBRN, Sabang: Target penyaluran air bersih 24 jam di seluruh wilayah Kota Sabang nyaris tercapai pada tahun 2024. Hal ini disampaikan oleh Direktur Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Aneuk Laot Kota Sabang Eddy Husnizal, dalam wawancara khususnya yang dilakukan tim pemberitaan RRI Sabang.

Menurutnya, capaian tersebut kini telah mencapai 86% sejak pertengahan tahun 2023 dan saat ini tengah diupayakan agar angka tersebut meningkat, Sehingga masyarakat di seluruh Kota Sabang dapat menikmati air bersih 24 jam non stop. Upaya ini kata Eddy, tentunya harus dibarengi dengan dukungan berbagai mitra Perumda Tirta Aneuk Laot, khususnya pemerintah Kota Sabang.

“Pada tahun lalu pertengahan, perkembangannya untuk air 24 jam sudah 86%, bahkan untuk tahun ini akan diatas 90%. Tinggal sekarang bagai mana mendorong peran aktif dari berbagai mitra Perumda Tirta Aneuk Laot, dalam hal ini pemerintah Kota Sabang. Karena ada beberapa daerah yang harus segera dilakukan peremajaan jaringan, karena sudah lama dan tidak layak,” ujar Eddy Husnizal, Selasa (2/7/2024).

Hal tersebut dirasa perlu menjadi perhatian khusus kata Eddy, mengingat saat pipa tersebut dialiri air 24 jam, akan banyak air terbuang yang diakibatkan oleh pipa distribusi yang bocor. Hal tersebut saat ini menjadi kendala terbesar bagi Perumda Tirta Aneuk Laot Kota Sabang, dalam mewujudkan penyaluran air bersih 24 jam di seluruh wilayah Kota Sabang.

“Kendala terbesar adalah usia pipa dan tantangan geografis. Kita akan berbenah terus, kita usahakan di tahun ini dari 86%, meningkat di atas 90% pelayanan 24 jam.”

Penggantian Water Meter Oleh Petugas Perumda Tirta Aneuk Laot. Foto: Boy

Tambahnya, pencapaian yang telah dicapai saat ini, tidak terlepas dari hasil komitmen dan kerja keras Perumda Tirta Aneuk Laot bersama dengan Pemerintah Kota Sabang, dalam meningkatkan kualitas layanan air bersih kepada masyarakat. Sejumlah upaya telah dilakukan, seperti pembangunan dan perluasan jaringan pipa air bersih, peningkatan kapasitas produksi air, optimalisasi sistem distribusi air, penanggulangan gangguan dan kebocoran air, serta penguatan kesiapsiagaan tim reaksi cepat Perumda Tirta Aneuk Laot Kota Sabang.

Dalam wawancara khusus itu Eddy juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Sabang, yang telah mendukung upaya pihaknya dalam meningkatkan layanan air bersih. Ia menghimbau masyarakat untuk menggunakan air secara bijak dan hemat.

Lebih lanjut dikatakan, capaian 89% penyaluran air bersih 24 jam itu, juga merupakan kado spesial HUT Kota Sabang ke-59, yang jatuh pada 24 Juni 2024 lalu. Dengan terwujudnya penyaluran air bersih 24 jam di seluruh wilayah Kota Sabang ini, diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong kemajuan pariwisata di Kota Sabang.